Jan 212008
 

Kalau ditanya siapa orang yang paling gw kagumi di bidang computer science, tanpa ragu gw akan menjawab Donald E. Knuth πŸ˜€ Mengapa? Pertama, karena gw menyukai bidang analisis algoritma. Kedua, kontribusi Knuth dalam bidang analisis algoritma sudah gak perlu dipertanyakan. Ketiga, dedikasi dan kecintaan Knuth yang sangat mendalam di bidang computer science (terlihat dari keseharian dan joke-joke yang dia gunakan).

Siapa Knuth? Beliau adalah seorang professor emeritus dari Art of Computer Programming (professor emiratus adalah professor yang tetap mengajar dan mendidikasikan diri di bidangnya meskipun sudah pensiun). Beliau juga dikenal sebagai “bapak” analisis algoritma karena kontribusinya yang cukup besar di bidang ini. Note: beliau masih sehat wal’afiat di usianya yang ke 10000002 + 610 (baca: 70 tahun). Mari kita doa’kan beliau diberkati umur yang masih panjang πŸ˜€

Donald E. Knuth

Karya Knuth yang paling terkenal adalah serial buku The Art of Computer Programming (TAOCP) yang hingga saat ini baru diterbitkan 3 dari 7 Volume yang direncanakan. Menurut kabar, Volume ke-4 akan diterbitkan dalam waktu dekat (hmm… can’t wait to have one). So, apa yang menarik dari buku ini?

Gw sendiri belum punya kopi buku TAOCP (ugh…), tapi gw punya bajakan versi pdf-nya πŸ˜› (semoga Knuth nggak marah :-D). To be blunt, penjelasan yang diberikan di buku itu mudah untuk diikuti pada awalnya tapi SUSAH untuk diselesaikan… maksudnya, setiap kali kita memulai pembahasan suatu topik, kita akan diberikan kalimat-kalimat yang sederhana, to-the-point, dan mudah dipahami; tapi begitu sudah memasuki tengah pembahasan… sering kali gw kehilangan arah karena dia mulai menggunakan notasi dan teori-teori dasar matematika yang memang belum gw kuasai. Tapi meskipun belum ada topik yang gw selesaikan 100%, sudah banyak pencerahan yang gw peroleh dari buku itu πŸ™‚ damn, just like a bible.

Bagi kamu yang kebetulan mampir ke blog ini dan nggak “bermain” di bidang analisis algoritma, mungkin ini bisa memberikan sedikit gambaran mengenai cerita di balik buku Knuth:
[-] Asosiasi American Scientist memasukkan buku ini ke dalam salah satu dari dua belas buku science terbaik di abad 20 (11 buku yang lainnya gw belum tau apa…).
[-] Pada cover Volume 1 Edisi 3, Bill Gates menulis komentar: “If you think you’re a really good programmer… read (Knuth’s) Art of Computer Programming… You should definitely send me a resume if you can read the whole thing.” ya, you know maksudnya kan πŸ˜›
[-] Knuth menciptakan suatu standard typesetting TeX (ever heard about LaTeX?) yang saat ini sudah menjadi standard umum yang digunakan di jurnal maupun artikel science. Mengapa beliau membuat TeX? Karena beliau tidak puas dengan standard typesetting yang ada pada saat itu (ketika dia sedang menyusun buku ini). Enaknya… kalau gak ada yang sreg buat dia, tinggal bikin sendiri.

Well, one of my wildest dream is to be his assistant πŸ˜€ ngimpi doeloe kan boleh :))

Beberapa link mengenai Knuth yang menarik untuk dibaca:
> Don Knuth’s Home Page
> Wikipedia: Donald E. Knuth
> Wikipedia: The Art of Computer Programming

  7 Responses to “My Favorite? Donald E. Knuth!”

  1. Ud keluar kali buku ke 4 nya, gw ud liat di amazon.com πŸ˜€

  2. eh? koq gw gak ketemu ya, yang ada baru “fascicle” nya aja untuk beta-testing.

  3. Lah maksud gw juga itu πŸ˜€ memangnya belum layak dibeli ya ? soalnya setau gw dia memang mau ngeluarin buku ke-4 itu dengan konsep fascicle itu deh. Kl punya duit lebih beli aslinya ah πŸ˜€ Buat menghargai dia yang membuat bukunya dengan sepenuh hati πŸ™‚

  4. fascicle itu baru beta testnya. ntar bakal keluar volume 4 official yang komplitnya koq πŸ˜€

  5. Ini pencipta algo knuth morris pratt y?

  6. Iya, dia salah satu pencipta KMP

  7. @Heru: Iya seperti kata epan, algo string matching Knuth-Morris-Prat itu hasil optimasi dari algo Morris-Pratt πŸ™‚

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)