Dec 032007
 

Yoi mon!

Beberapa hari yang lalu (14 Nov 2007), salah satu tim ICPC BINUS, YoiMon (Andrian Kurniady, Kenny Hartono dan Timotius Sakti) yang didampingi oleh Ibu Henny SN, sudah mengikuti kontes di Regional Taipei. Hasilnya, BINUS peringkat 4 🙂 Meskipun menurut beberapa orang hasil ini adalah cukup bagus, tapi gw sendiri merasa kurang puas… karena seharusnya tim YoiMon itu lebih unggul dibandingkan juara pertama! Tapi yah, sepertinya dewi keberuntungan lagi cari makan, dan dewa kesialan lagi isenk nongkrong di meja YoiMon 😀

Tim YoiMon
Dari kiri ke kanan: Henny Surya Ningsih (Sekjur TI BINUS),
Kenny Hartono, Andrian Kurniady, Timotius Sakti.


Tahun ini BINUS mengirim tim ICPC ke Taipei karena tahun kemarin BINUS berhasil juara satu di Kaohsiung (salah satu kota di Taiwan), ditambah, pada tahun 199x (lupa) BINUS juga pernah masuk World Final setelah menjadi juara site Kaohsiung. Pengalaman juara di Taiwan membuat kita merasa bahwa Taiwan adalah tempat hoki buat BINUS, meskipun pada kenyataannya lawan-lawan di Taiwan cukup berat karena tetanggaan dengan Cina :))

Lawan BINUS di Taipei tahun ini cukup berat. Ini adalah lawan-lawan yang gw waspadai di Taipei:

  1. Shanghai Jiao Tong University, ini adalah univ yang paling gw waspadai. Why? because they’re EX WORLD-CHAMPION.
  2. University of Tokyo, meskipun gw yakin BINUS tahun ini lebih kuat dari Todai, tapi gw juga masih khawatir sama ini univ, karena tahun kemarin tim kuat NoMoreAC berhasil dikalahkan oleh Todai (Makegumi) di site Manila.
  3. University of Hong Kong, sama seperti Todai, Univ. of Hong Kong pernah dua kali berturut-turut menjadi juara site di Manila.
  4. CUHK & HKUST, yang ini gw belum pernah mengukur kekuatan, hanya tahu bahwa mereka cukup kuat karena computer science di kedua univ ini cukup maju.

Setelah hasil contest keluar, gw cukup kaget, karena yang menjadi juara umum ternyata bukan salah satu dari Univ yang gw waspadai di atas :)) Yang menang adalah National Taiwan University sang tuan rumah (betul kata kur, ternyata tuan rumahnya National Taiwan Normal University, beda kampus :D). Well, sepertinya dewi keberuntungan yg tadi itu makan di dekat meja mereka.

Peringkat 8 besar ICPC Taipei[TABLE=5]

Yay!! BINUS menang dari SJTU (lagi)!! Sepertinya SJTU memang lagi sial dua tahun ini :))

Tim YoiMon berhasil menjadi juara 4 setelah menyelesaikan 6 dari 10 problem yang diberikan. Problem yang diselesaikan oleh YoiMon adalah Problem A, B, C, D, H, dan I. Ke-enam problem ini berhasil diselesaikan oleh YoiMon dalam waktu kurang dari 4 jam meskipun dengan start yang kurang meyakinkan (1 jam pertama nggak ada solve satupun) :-D. Namun sayang, 1 jam terakhir YoiMon gagal menambah jumlah solved mereka (FYI, mereka submit problem J sampai 23 kali!!!)

Soal lomba bisa didownload di sini. Setelah gw baca dan analisa, sepertinya memang ada beberapa soal yang cukup sulit untuk diselesaikan. Yang susah adalah: Problem E, F, dan J (yg ini karena belum baca). Sedangkan Problem G…… memang gak gampang-gampang amat, tapi ini kan soal klasik!!! :(( Prob G itu jelas-jelas merupakan Chinese Postman Problem, tapi YoiMon nggak mengerjakan soal yang ini :(( sayang banget 🙁 Coba kalau kerjain Problem G dan berhasil solve Problem J… juara satu mon!! juara satu!!! ARGHHH… ya sudahlah, salah gw juga ngga ngasi latihan tentang graph theory yang ini.

Anyway, congratz buat tim YoiMon (Kurkur, Timo dan Kenny), tapi jangan puas dulu yah 😀 Masih ada SINGAPORE! meskipun yang ini lebih berat, tapi kita harus JUARA!! (ugh… ketemu SJTU lagi..). Simply do the best is not enough, anyone can do that. WE MUST WIN!. note: dua tim dari BINUS, ACMon dan YoiMon akan bertanding di ICPC Singapore minggu depan 😀

GO WORLD FINAL!!

p.s.
Foto disediakan oleh Andrian Kurniady (copyright), tukang potret kita 😀

  12 Responses to “ACM/ICPC Regional Contest (Taipei)”

  1. Wakakaka keren mon-ers … 😀 minimal target dari gua tercapai, yaitu jangan kalah sama tokyo dan HKU (ex fate & near).

    Btw kayaknya latihannya kurang keras nih (atau jangan2 si Timo kualat ngatain orang disana ?) … Ayo blj dengan moto “I won’t give up without surpassing the level I was at yesterday” (Naruto fans banget sih :P).

    Go World Final to all mon … (gua dukung lewat nonton online aja deh lewat kantor (gak bisa ngikut sih ke onsitenya:() :D)

  2. Kaga koq :p, disana gw cuman ngatain shanghai jiaotong :D.
    Btw, gw ketemu lagi sama pelatih team hongkong yang tahun lalu juara 1 di Manilla :D, kali ini dia negor gw, kayaknya inget sama NoMoreAC :D.

  3. (NoMoreAC mode: on)

    Wah mon … artinya bener gosip kita waktu jalan2 di hongkong ye … kayaknya kita mau disabotase biar gak balik ke indo 😀

    (NoMoreAC mode: off)

  4. Satu minggu lagi… 🙂 Cia Yoo.. Hehehe… Jangan lupa kalo menang, makan-makan yah 😛 😛 j/k j/k

    @om Shu
    Keknya ini di spore, bisa terjadi pertarungan berdarah-darah dhe… kalo tar ada record video nya, boleh bagi-bagi nonton? 😀

  5. @epan
    wah… gw jadi curiga, jangan-jangan kejadian kita kejar-kejaran sama pesawat itu emang sengaja diatur sama orang Hong Kong yah :))

    @Felix J
    he eh. bakal terjadi pertarungan berdarah-darah:
    1. Tim BINUS gagal dapat tiket wf di taipei.
    2. Tim SJTU gagal dapat tiket wf di taipei.
    3. Tim NTU gagal dapat tiket wf di tehran.
    4. ada Felix Halim.
    singapore jadi last-chance, bakal habis-habisan semua 😀

  6. ngaco lu su. ntu dapet wildcard di teheran.

  7. @mahli
    wah? masa? berita bagus nih :-D, tapi gpp biar lebih seru di NUS 😛

  8. Wah mon, ud lama gak ngegosip acm, gw baru nyadar ud mau abis ya regional, trs tadi iseng nyari teamnya ACRush, gile aje di regional nanjing, cuma dapet 4 dari 10 soal … gak dicoba untuk ngerjain tuh para mon buat latihan di sing ntar 😀

  9. ehm mon yang menang bukan tuan rumah… tuan rumah nya National Taiwan Normal University, yang menang National Taiwan University (kagak pake Normal). Univ nya beda mon…

    -Kurniady

  10. @epan:
    Tahun ini ACRush ngga ikutan regional, setiap orang yang kuliah di TsingHua University hanya boleh ikutan World Final maksimum 1 kali 😀 .

  11. selamat buat lolosnya YoiMon ke WF.
    good luck buat finalnya 🙂

  12. […] Kurniady, Kenny Hartono dan Timotius Sakti) berhasil masuk ke babak final setelah sebelumnya meraih Juara 4 di 2007 ICPC Regional Taipei. Ini adalah keempat kalinya BINUS masuk ke world final dan sekaligus (sayangnya) baru satu-satunya […]

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)