Oct 252011
 

Babak penyisihan dari ACM-ICPC Indonesia National (Programming) Contest, atau yang biasa disebut INC, baru saja berlangsung pada hari Minggu, 23 Oktober 2011 yang lalu. INC 2011 adalah bagian dari rangkaian kegiatan ACM-ICPC 2011 (diakui oleh ACM sebagai salah satu kontes lokal ICPC), namun bukan sebagai kontes regional, sehingga tidak ada slot yang dialokasikan bagi tim pemenang untuk mengikuti ICPC World Final 2012 (untuk tim yang ingin mendapatkan kesempatan ini harus mengikuti ICPC Regional di kota/negara lain seperti Kuala Lumpur, Manila, dll).

Tahun sebelumnya Universitas Bina Nusantara dipercaya untuk menjadi host salah satu regional site ICPC (ICPC Jakarta), namun tahun ini direktur ICPC Asia menginginkan ICPC Jakarta dirotasi (“gantian”) dengan site-site lain, sehingga ICPC Jakarta tahun ini tidak ada (sambil berharap tahun depan kembali ada).

Karena tidak ada ICPC Jakarta, maka Universitas Bina Nusantara kembali menyelenggarakan INC sebagai kontes pemrograman tingkat nasional menggunakan sistem yang sama persis dengan ICPC dan terdiri dari dua babak, yaitu: penyisihan (online) dan final (onsite).

Di post ini saya akan memberikan pembahasan dari soal-soal penyisihan yang baru saja berlalu, sekaligus sedikit membahas mengenai beberapa kendala yang dihadapi peserta pada babak penyisihan.

Soal ACM-ICPC INC 2011 – Qualification Round dapat dilihat di sini.

Scoreboard babak penyisihan bisa dilihat di sini (kalau linknya mati artinya pathnya sudah berubah, akan saya update nanti).

Data uji sengaja tidak dirilis namun kalian bisa mencoba soal ini (nanti) di tokilearning.org karena data uji aslinya akan saya upload di sana.

Eko Wibowo (salah satu juri) juga sudah menulis blog tentang babak penyisihan yang lalu, postnya bisa dibaca di sini.

Pembahasan untuk masing-masing soal bisa dilihat di:
A – Frog in a Bus
B – The Yellow Dungeon
C – Divisor Game
D – Counting Different Bits
E – Rearranging Boxes
F – 1D Array Multiplication
G – Time Zone Conversion
Lain Lain

Kalau mau comment atau bertanya mengenai soal tertentu, tolong disebutkan soal mana yang dimaksud (comment di post ini semuanya digabung).

  11 Responses to “ACM-ICPC INC 2011 – Qualification Round”

  1. Trivia: soal ini diinspirasi dari kejadian nyata seperti pada deskripsi soal (hanya namanya saja disamarkan)

    kocak seh, orangnya tersinggung gak tuh? wkwkwk…

  2. “Yang melakukan penjurian (tentu) lebih dari satu orang.”

    Loh jadi ini judgingnya nggak otomatis ya? Pantesan lama 😐

  3. Untuk yang soal F, kami malah bisa sehingga kompleksitas spacenya sampai O(N), walaupun timenya sama-sama O(N^2). Kami terinspirasi dari (a+b+c)^2 = a^2 + b^2 + c^2 + 2ab + 2bc + 2ac 😀

    Pseudocode :
    for(i=0, j=N-1; i <= j; i++,j–) {
    for(k=i; k<=j; k++) {
    temp += Arr[k];
    }
    hasil += temp*temp;
    }
    return hasil;

    Kalo mau lihat lengkapnya, buka saja solusi F dari tim Numpang Makan 😀

  4. write up finalnya kapan ditulis nih, udah 1 minggu :p

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)