Jun 282011
 

Babak final programming Compfest 2011 tingkat perguruan tinggi baru aja berlalu. Juara pertama diraih oleh ITB (Dongskar Pedongi – RevolutiO(N)), juara kedua oleh BINUS (Ketua Compfest), dan juara ketiga oleh UGM (ein).

Yang patut diperhatikan, juara keempat itu dari BINUS juga (Pelopor Compfest), isinya hanya 1 orang: Winardi Kurniawan, dia dikhianati dua anggota timnya (Panji Kharisma dan Eko Mirhard) :p. Tapi bersyukur juga Panji ga ikut, kalau Winardi sendiri AC 7, tapi kalau Winardi + Panji kayaknya jadi AC 5 [-(

Ok, di sini gw mau kasi pembahasan singkat tentang soal-soal yang keluar. IMO, soal-soalnya ga susah, tapi ga ada satupun tim yang solve semua soal (pada mentok di soal E).

Soal bisa didownload di sini.

Scoreboard bisa dilihat di sini (tapi sepertinya link ini ga permanen).

Continue reading »

May 232011
 

Seperti tahun-tahun sebelumnya Universitas Indonesia (UI) mengadakan event IT bernama Compfest yang di dalamnya berisi berbagai kegiatan dan perlombaan. Namun khusus tahun ini (semoga tahun-tahun berikutnya juga), Compfest juga mengadakan perlombaan di bidang programming (problem solving) untuk tingkat mahasiswa.

Babak penyisihan Compfest mahasiswa barusan berlalu, ada 5 soal, 4 mudah dan 1 “susah” (susah buat yang baru belajar). Kemarin gw dapat link scoreboardnya, tapi sekarang scoreboardnya udah berubah jadi untuk kategori SMA. Sepertinya link itu cuma temporer, jadi ga gw cantumin di sini (karena ntar bisa ilang juga). Hasilnya, sekitar 20an tim berhasil solve 4, tidak ada tim yang solve 5. Dari BINUS kalau ga salah ada 4 tim yang lolos ke final, dan ada satu tim veteran yang memalukan (termalas #1 + termalas #2 + manusia-normal) =.=

Dari kemarin gw ditanyain solusi soal D (soal yang ga ada yang bisa solve di kontes), jadi gw kepikiran untuk bikin write-up penyisihan Compfest mahasiswa yang barusan lewat. Soal D ini emang rada lain sendiri ngelihat soal-soal lain yang tingkat kesulitannya jauh banget sama soal D :P.

Soal penyisihan mahasiswa bisa dilihat di sini.

Continue reading »

May 172011
 

Jollymoo 10 yang dibuat khusus untuk pemula (divisi 2) baru saja berlalu dan gw mau bahas soal-soalnya di sini supaya bisa jadi bahan buat belajar. Yang bikin soal untuk Jollymoo 10 ini antara lain gw sendiri, Felix Perdana, Hutomo, Oscar Yuandinata dan Petrus Risan.

Soal-soalnya bisa dilihat di sini.

Feb 012011
 

Saya berjanji tidak akan melakukan kesalahan bodoh lagi.
Saya berjanji tidak akan melakukan kesalahan bodoh lagi.
Saya berjanji tidak akan melakukan kesalahan bodoh lagi.
Saya berjanji tidak akan melakukan kesalahan bodoh lagi.
Saya berjanji tidak akan melakukan kesalahan bodoh lagi. Continue reading »

Apr 122010
 

I was first introduced to ACM-ICPC by Mr. Ali, my lecturer in data structure course. He didn’t give any lecture about ACM-ICPC, but he gave me UVA Online Judge website address. I find the site very interesting, though I could hardly solve any problem. At that time, I could only solve about 10 (very easy) problems in a month. Continue reading »